Ingin Bikin Sate? Inilah 4 Cara Mudah Mengempukan Daging Sapi dan Kambing

Pada perayaan Idul Adha atau Idul Kurban biasanya stok daging di dapur akan melimpah.

Hanya sayang saat memasak menu makanan berbahaan baku daging, untuk sate maupun menu lain, entah itu sapi maupun kambing, hasilnya tak sesuai harapan. Pasalnya, setelah masak, ternyata daging yang disantap masih keras dan alot. Padahal cara mengempukkan daging tak terlalu rumit.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat daging menjadi empuk :

1. Daging yang liat bisa diempukkan dengan membungkusnya memakai daun pepaya. Getah pepaya mengandung papain yang bisa mengempukkan daging. Namun, jangan terlalu banyak memakai getah pepaya, daging akan berantakan dan tidak terasa seperti daging lagi.

2. Selain getah pepaya, daging bisa diempukkan dengan meat tenderizer, pengempuk daging yang dijual di toko-toko dan dipakai sedikit saja.

3. Agar daging atau buntut sapi yang sedang direbus cepat menjadi empuk, berilah segenggam beras pada air rebusan. Bila beras itu hancur bercampur dengan daging atau buntut sapi, berarti daging atau buntut sudah empuk.

4. Atau ambil buah nanas muda, parut lalu ambil airnya. Rendam daging dalam air nanas selama 1 jam. Setelah itu, daging pun akna lebih cepat empuk bila dimasak. Jangan lupa untuk membeli daging yang tanpa lemak karena lebih sehat. Selamat memasak ????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>