Cara Memilih, dan membersihkan Paru Sapi

Selamat Pagi ????
Semoga senantiasa dalam lindungan-Nya ????

Sama seperti jeroan sapi lainnya, memilih, membersihkan, dan mengolah paru sapi butuh ketelitian. Kalau tidak, nanti tekstur kenyalnya akan rusak dan bau anyirnya masih tersisa.

Cara Memilih

Dalam memilih paru yang baik, ada 3 hal yang perlu diperhatikan.

1. Pilih yang berwarna merah segar

Paru sapi mentah berkualitas baik memiliki warna merah yang segar, seperti daging sapi pada umumnya. Jika anda menemukan paru yang berwarna biru kehitaman, jangan dibeli. Paru tersebut sudah tidak segar dan kualitasnya jelek.

2. Paru segar bertekstur kenyal seperti spons dan tidak berlendir

Selain warna, tekstur paru juga harus diperhatikan. Paru yang segar memiliki tekstur yang kenyal seperti spons. Anda bisa menekan permukaan paru secara perlahan untuk mengetahui teksturnya bagus atau tidak.

Saat menyentuh paru, rasakan juga apakah permukaannya berlendir atau tidak. Kalau berlendir, sebaiknya paru tersebut jangan dibeli karena kualitasnya jelek.

3. Jika membeli paru rebus, pilih yang bagian tengahnya kemerahan

Selain menjual paru segar, di pasar dan supermarket juga tersedia paru yang sudah direbus dan siap olah. Walaupun paru sudah matang, anda tetap harus memperhatikan kualitasnya. Karena tidak jarang, paru rebus tersebut diolah dari paru yang sudah tidak segar.

Paru rebus yang dijual biasanya telah dipotong-potong. Nah, saat akan membelinya, anda lihat deh bagian tengahnya. Paru rebus yang berkualitas baik, bagian tengahnya berwarna cokelat kemerahan.

Cara Membersihkan

Sebelum diolah, paru perlu dibersihkan terlebih dahulu. Paru memiliki banyak serat dan otot-otot berlubang, yang mana di bagian itu seringkali terdapat kotoran.

1. Cuci di bawah air mengalir

2. Cek bagian otot berlubang

Pada paru, anda pasti sering melihat ada bagian yang berlubang, kan? Nah, bagian itu adalah otot. Saat dicuci, bagian otot berlubang ini jangan sampai lupa dibersihkan juga, ya. Soalnya, sering terdapat kotoran, bahkan pasir di dalamnya.

Proteinatama :
Phone  : 08111631817
Telpon : (021)5850528
Email   : proteinatama@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>