CARA MEMBERSIHKAN BABAT SAPI

Selamat pagi semua, semangat menjalani aktivitas di hari ini :)

Babat adalah jenis makanan yang merupakan salah satu dari empat bagian perut sapi. Babat (yang bisa berasal dari berbagai hewan, namun biasanya hewan ternak berkuku) dikonsumsi di seluruh dunia sebagai bahan makanan penting dalam hidangan lokal. Ternyata babat bisa dimasak apa saja. Babat bisa digunakan untuk berbagai hidangan seperti sup, tumisan, bahkan pasta tradisional. Jika Anda tidak terbiasa menyantap makanan berbahan organ bagian dalam hewan, maka menyantap babat dalam jumlah banyak mungkin terasa menakutkan, namun jangan khawatir, dengan petunjuk ini, menyiapkan hidangan babat yang lezat adalah pekerjaan yang mudah!

1. Periksalah kebersihan babat. Karena babat berasal dari perut sapi, maka babat itu mengandung sisa-sisa makanan terakhir yang dimakan sapi, yang tentunya tidak ingin Anda makan. Babat dijual di toko daging dengan berbagai variasi, “babat hijau,” “babat yang sudah dibersihkan,” dan yang paling umum dijual di Amerika Utara adalah “babat yang diputihkan.” [1] Tiap jenis babat memerlukan prosedur pembersihan yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui jenis babat apa yang Anda tangani:

  • Babat hijau adalah bagian perut sapi yang pada dasarnya tidak berubah setelah dikeluarkan dari dalam perut sapi. Seperti namanya, babat ini memiliki warna kehijauan atau keabu-abuan. Babat jenis ini perlu dikosongkan isinya dan dibersihkan sebelum dimasak (lihat petunjuk di bawah).
  • Babat yang sudah dibersihkan adalah babat yang telah dibilas dan dicuci untuk menghilangkan isi perut sapi. Warnanya lebih terang daripada babat hijau dan memerlukan sedikit persiapan dalam proses pembersihan dan pencucian.

2. Babat yang diputihkan (atau “dipucatkan”) adalah babat yang telah dibersihkan, lalu direndam di dalam klorin untuk membunuh kuman, sehingga dan warna babat menjadi sangat pucat. Ini adalah jenis babat yang paling bersih yang bisa Anda beli, namun sayangnya babat ini harus dicuci berulang kali untuk menghilangkan bau dan rasa klorin yang kua2. Bersihkan babat jika perlu. Proses pembersihan babat yang tepat berbeda-beda tergantung kondisi babat (lihat uraian di atas). Babat dari toko daging sudah dibersihkan, namun jika babat yang Anda beli belum dibersihkan atau Anda memilih babat organik yang belum disentuh, Anda bisa membersihkan babat di dapur dengan beberapa bahan yang ada di rumah:

  • Gosokkan garam batu pada babat, untuk melepaskan sisa-sisa makanan (atau “pasir”) yang tidak bisa dicerna. Cucilah dengan air dingin. Jika perlu, gunakan sikat gigi yang bersih untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Dengan cara ini, Anda mengosongkan perut sapi dari sisa-sisa makanan yang dicerna sebagian. Ulangi langkah ini hingga “pasirnya” tidak ada lagi.
  • Rendam babat di dalam campuran larutan yang terdiri dari satu atau dua sendok makan hidrogen peroksida dengan air secukupnya untuk merendam babat (balik dan peras babat sesekali) selama satu jam. Hidrogen peroksida merupakan zat disinfektan dan zat pemutih.
3. Potonglah babat dengan ketebalan yang sama. Ketebalan babat mentah berbeda-beda sesuai ukurannya. Sayangnya, ketebalan babat yang berbeda-beda bisa membuat babat tidak bisa matang secara merata saat dimasak. Letakkan babat dan periksa dengan teliti untuk mengetahuinya. Jika Anda melihat ada bagian yang sangat tebal, gunakan pisau tajam untuk membuat bentuk “kupu-kupu” (mengiris babat itu hingga terbelah dan memiliki ketebalan yang sama)

Buanglah larutan hidrogen peroksida dan cucilah babat beberapa kali dengan air (peraslah saat mencucinya). Potonglah pinggirannya yang masih belum bersih. Hasil akhirnya adalah babat harus sudah tidak bau lagi.

4. Irislah babat dan rebus dengan cara parboiling. Parboiling adalah proses di mana makanan direbus tanpa bahan-bahan lain dan nantinya akan dijadikan bahan untuk dimasak menjadi hidangan lain. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong babat menjadi irisan batang tipis atau kotak. Campur potongan babat ke dalam panci berisi air garam (2 sendok makan/34gr garam untuk tiap 1 liter air). Rebus selama 15-30 menit. Jika sudah matang, buang airnya dan cucilah babat. Setelah direbus, babat akan lebih lunak dan siap untuk dimasak menjadi berbagai hidangan. Bacalah cara membumbui babat di bawah ini.Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah menangani babat mentah, bahkan meskipun Anda sudah mencuci babat tersebut dengan teliti.

Nah…  tunggu apalagi ? Ayo segera order Ikan salmon pada kami, untuk informasi lebih lanjut dan untuk pemesanan hubungi kami :

Proteinatama :
Phone           :  08111631817
Telpon          : (021)5850528
Email             : proteinatama@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>